Wednesday, April 16, 2014

Melindungi Komputer dari Virus

Tulisan saya sebelumnya menjelaskan mengapa tidak ada cara yang pasti 100% untuk mencegah infeksi virus komputer, spyware ataupun malware ke sistem kita. Ibarat pepatah sedia payung sebelum hujan, kehadiran sebuah komputer pada setiap lini kehidupan memaksa kita untuk mencari cara, agar komputer kita terlindung dari infeksi virus dan konco-konconya. Melindungi Komputer dari Virus, mungkin kita sering membaca berbagai ulasan mengenai masalah klasik ini di website ataupun media lain. Untuk sekedar berbagi dan mengingatkan menjaga komputer dari infeksi virus, kami akan berbagi beberapa cara agar komputer aman dari serangan yang tidak diinginkan:
  1. Instal sebuah softaware antivirus. menginstal saja tidak cukup anda harus selalu me-ngecek program ini agar selalu update agar mampu menghadapi infeksi jenis baru.
  2. Jika program antivirus tidak menyertakan antimalware/spyware, anda harus menginstal software jenis ini. karena tidak semua antivirus mampu mendeteksi infeksi malware dan spyware dengan teliti.
  3. Mengaktifkan windows update membantu mengurangi penyebaran virus dari segi os, windows update sering diasosiasikan dengan "penutupan" berbagai lubang keamanan yang rentan terinfeksi pada sistem operasi windows.
  4. Internet exploler adalah browser bawaan windows yang paling rentan diserang, pemakaian browser alternatif (firefox, chrome)sangat dianjurkan, karena dapat mengurangi resiko terinfeksi virus.
  5. Seleksi berbagai media penyimpanan eksternal (flashdisk, hd eksternal) yang akan digunakan. Jika tidak berhati-hati virus yang mungkin ada di media tersebut akan menginfeksi komputer anda.
  6. Jangan sembarangan membuka link email ataupun messengger, link pada sebuah email dan mesengger merupakan media penyaluran virus yang sangat populer.
  7. Mendownload sebuah file(terutama file kompresi) hanya dari situs yang terpercaya.
  8. Kebiasaan surfing, untuk melindungi komputer dari virus pengguna harus menghindari berbagai situs-situs berbahaya(kebanyakan situs porno) yang berpotensi menyalurkan virus saat kita sedang asyik browsing.
Diatas adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengurangi potensi infeksi virus pada sebuah komputer. Bagaimanapun pemilik rumah mengunci rumahnya, sang maling akan tetap mencari cara untuk menembusnya :p. Tambahan terakhir dan yang paling penting adalah penambahan wawasan pengguna akan sistem yang ia gunakan. Ayo kita sama-sama belajar dan berbagi bagaimana melindungi komputer kita dari serangan virus.