Sunday, April 20, 2014

Membersihkan virus shortcut di komputer dan flashdisk (UPDATED 2017)

Waspada jika komputer anda tiba-tiba muncul shortcut-shortcut yang tidak jelas asal usulnya, bisa jadi komputer anda terinfeksi virus shortcut. Jika anda tidak waspada bisa-bisa akun email, paypal, media sosial, youtube atau akun media online anda di curi. Virus ini juga berpotensi membuat IP publik jaringan yang terinfeksi di blokir IPnya, dimasukkan ke dalam blacklist karena komputer yang terinfeksi dijadikan sebagai "bot" penyebaran spam.

Virus shortcut dapat menyebar melalui USB flashdisk, harddisk eksernal dan kartu memori dengan memanfaatkan celah kemanan shortcut untuk mencuri data pribadi anda. Membersihkannya akan sangat membantu anda yang pusing menghadapi shortcut-shortcut yang terus bergentayangan di komputer anda. Shortcut-shortcut ini akan tetap muncul meski sudah dibersihkan, ini sangat berbahaya dan pada akhirnya merusak sistem kerja komputer anda jika terus menerus dicuekin. Dengan Membersihkan virus shortcut anda dapat menghindari hilangnya semua data berharga anda. Selain itu, anda juga dapat meningkatkan kinerja komputer maupun laptop anda. Maraknya komputer yang terinfeksi dengan virus ini, pada tulisan ini kita akan membahas cara membersihkan virus shortcut yang ada pada komputer.

Seperti biasa, ntuk melakukan pembersihan dengan baik, kita perlu tau bagaimana sebenarnya virus shortcut ini bekerja dan menginfeksi komputer kita. Hal yang pertama dilakukan virus ini begitu menginfeksi adalah membuat base dalam My Document(database.mdb. Virus shortcut kemudian akan membuat file autorun.inf di setiap partisi termasuk flashdisk yang tertancap. Selanjutnya, virus akan membuat file thumb.db dan membuat file Microsoft.ink yang bila di klik, akan langsung mengaktifkan virus.

Komputer yang telah terinfeksi virus ini, dapat dilihat pada task manager akan terlihat proses tak dikenal sedang berjalan. Jika sudah demikian kita harus segera melakukan pembersihkan virus shortcut karena efek yang ditimbulkan bisa sangat merugikan. Setelah mempelajari cara virus menginfeksi.

Menghapus virus shortcut di komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Hal pertama yang harus kita lakukan adalah Mematikan System Restore di komputer anda. Cabut Flashdisk atau HDD external dari komputer.
  • Download Rkill kemudian jalankan. RKill adalah program yang menghentikan proses Virus shortcut yang yang sedang aktif. Jangan reboot komputer setelah menggunakan Rkill !!!
  • Download AdwCleaner, jalankan dan bersihkan semua file-file gak jelas yang ditemukan, Reboot.
  • Download RogueKiller untuk menghapus berbagai infeksi dan memperbaiki host komputer. RogueKiller adalah alat keamanan yang dapat digunakan untuk menghentikan dan menghapus proses dan program berbahaya dari komputer Anda. RogueKiller memiliki kemampuan untuk menghapus infeksi seperti ZeroAccess, TDSS, program nakal, dan Ransomwares. Reboot. 
  •  Download  Shortcut Cleaner, Shortcut Cleaner akan membersihkan komputer dari shortcut  yang telah dibajak oleh virus.
  • Yang terakhir instal rekomendasi software keamanan yang baik seperti malwarebytes atau zemana, sebagai perlindungan pendamping software antivirus.

Langkah-langkah diatas merupakan langkah dasar tentang tips menghapus virus shortcut di komputer. Namun bagaimana cara  Membersihkan virus shortcut dari storage tambahan seperti flashdisk/hardisk external? cara untuk membersihkan virus shortcut di flashdisk ataupun hardisk external:

Bersihkan virus shortcut dari flashdisk dengan cmd:
  1.     Buka RUN pada komputer anda
  2.     Ketik cmd kemudian Ok / Enter
  3.     Masuk ke drive Flashdisknya misalnya di drive E (tergantung drive flashdisknya muncul) dengan cara ketik E:  lalu enter
  4.     Ketik  attrib -s  -r  -h  /s  /d  lalu enter iitu perintah untuk mengembalikan folder yang terkena virus shortcut
  5.     kemudian lihat folder asli anda kembali lgi tinggal hapus aja folder shortcut anda

Download dan instal Panda USB Vaccine untuk mencegah virus shortcut menyebar lagi pada komputer

Panda USB Vaccine adalah utilitas keamanan gratis yang memungkinkan Anda memblokir malware agar tidak menyebar melalui drive USB.

Panda USB Vaksin bekerja dengan tidak membiarkan file Autorun.inf di USB dimodifikasi, dibuat, dihapus, atau dibaca. Ini secara efektif menghalangi infeksi virus shortcut komputer. setelah Diinstal, software ini akan berjalan secara otomatis saat komputer berjalan. Saat USB drive baru dimasukkan ke komputer, secara otomatis akan memvaksinasi sehingga komputer terlindungi dari persebaran virus shortcut. download disini (via majorgeek)

Semoga bermanfaat, Terima kasih.

No comments:

Post a Comment