Friday, April 18, 2014

Mencegah Virus via Email dan Pop-Up


Maraknya penipuan menggunakan software anti-virus dan anti-malware "tiruan" yang dikirim lewat email menimbulkan masalah serius bagi pengguna internet saat ini. Meskipun banyak orang yang menyadari risiko ini, masih banyak pengguna email dan pembaca web biasa yang kurang paham tentang trik dan cara kerja scammers untuk menipu Anda agar berbagi informasi pribadi atau membuat sistem anda rentan terhadap serangan.

Disamping kecerdikan banyak virus dan malware baru dalam mengeksploitasi sistem, ada dua cara yang paling dasar dan paling umum digunakan para pembuat virus untuk menembus komputer Anda: via email atau melalui iklan pop-up. Email yang datang dari alamat yang tidak diketahui dapat membahayakan, karena dapat diboncengi virus dalam bentuk lampiran atau link. Iklan pop-up lebih ditujukan untuk mengiklankan produk-produk palsu untuk "menghapus" program anti-virus Anda dan kemudian merebut informasi pribadi atau keuangan Anda.

Tidak dapat dibayangkan jika seseorang berhasil mencuri data pribadi anda(foto pribadi, hasil pekerjaan, no cc dll). Jangan biarkan hal itu terjadi. Segeralah Mengambil langkah-langkah pencegahan mulai saat ini. Mulailah dengan mengatasi dua ancaman yang paling umum digunakan oleh hacker: Email Virus dan Pop-Up Ads.

Bahaya virus via email

Penipuan virus email sangat umum, dan mereka memang cukup berhasil menyamarkan-diri dengan baik. Virus jenis ini sering dikirim ke ribuan alamat email di bawah nama sebuah perusahaan nyata, seperti PayPal, gmail, FedEx, google, microsoft atau penyedia layanan lainnya yang umum digunakan.

Email tersebut terlihat hampir sama seperti email yang asli dari perusahaan yang dipalsukan. Dalam kebanyakan kasus, phishing email akan meminta Anda untuk melakukan beberapa tindakan mendesak yang dapat membahayakan komputer Anda atau informasi pribadi Anda. Sebagai contoh, mungkin meminta Anda untuk menanggapi email yang Anda kirim, bertanya tentang informasi account Anda, membuka lampiran di email, atau klik pada link yang akan membawa Anda ke sebuah situs si hacker.

Jika memang email yang anda terima adalah email phising, cukup membuka email ini bisa melepaskan virus di komputer Anda, atau memberikan scammers akses ke PC Anda untuk mengambil informasi kartu kredit atau data lain. Jika Anda menerima email dari perusahaan yang tidak anda kenal dan tidak yakin apakah itu asli, anda tidak perlu kwatir, menghubungi perusahaan pengirim langsung adalah cara yang tepat.  Anda dapat menghubungi mereka melalui halaman "Kontak" di situs web mereka, dan meminta konfirmasi apakah mereka benar-benar mengirim email tersebut.

Iklan pop-up sebagai media penyebaran virus

Scam atau "penipuan" software antivirus kebanyakan muncul dalam bentuk iklan pop-up ketika Anda mengunjungi situs web tertentu. Beberapa situs-situs palsu memiliki desain yang sangat cantik dan terlihat hampir sama dengan situs web dari software yang Anda gunakan. Pop-up mungkin biasanya memperingatkan Anda bahwa komputer Anda telah diganggu, menakut-nakuti anda dengan daftar serangkaian virus atau dugaan masalah lain di komputer Anda, dan menawarkan software mereka untuk memperbaiki komputer anda. Jika anda percaya, membeli atau menginstal software tersebut, komputer Anda akan terinfeksi virus yang berakibat informasi pribadi Anda akan jatuh ke tangan hacker.

Jika Anda melihat pesan pop-up yang memperingatkan Anda tentang virus pada sistem Anda, lebih dulu tanpa adanya tindakan awal dari anda: itu hampir pasti scam. Cara terbaik untuk memastikan, adalah memeriksa komputer anda dengan situs terkemuka seperti McAfee, Sunbelt, Snopes untuk mengetahui apakah peringatan tersebut benar.

Hacker saat ini tumbuh lebih berani dan lebih berani, tetap terinformasi dari topik ini adalah langkah pertama. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan IT, perlindungan dari ahli/perusahaan layanan IT dari luar bisa menjadi strategi terbaik. Mereka akan dapat menawarkan berbagai strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Sekarang Anda tahu bagaimana untuk menemukan tikus berbulu naga, Anda tidak akan kaget dan tidak menyadari pada saat salah satu email palsu muncul di kotak masuk email Anda. Semoga tulisan ini bermanfaat terima kasih.