Tuesday, April 22, 2014

Virus iPhone, kerentanan keamanan di sistem operasi Apple

Penggemar iPhone harus siap berhati-hati, Perusahaan keamanan Kaspersky Lab memprediksi iPhone dan iPad akan "dapat" terinfeksi oleh malware pada tahun depan. Mereka juga melakukan penelitian lebih lanjut, menganalisis kerentanan keamanan di sistem operasi Apple untuk Mac. Kaspersky juga mencatat adanya ketidakstabilan potensial di iOS, sistem operasi adalan mobile besutan Apple.

"Our experience tells us that in the near future, perhaps in a year or so, we will see the first malware targeting iOS," ungkap Nikolai Grebennikov, kepala kantor teknologi Kaspersky.

Sebagai sebuah perusahaan keamanan terkemuka, itu adalah langkah Kaspersky untuk menganalisis dan melaporkan ancaman keamanan potensial, namun sampai saat ini kasus Virus iPhone sangat jarang ditemukan. Beberapa kasus yang ditemukan telah terjadi dalam ponsel  jailbreak. Android tampaknya menjadi platform untuk target yang lebih potensial, kasus malware pada platform Android melonjak 400% persen dari tahun sebelumnya.

Eugene Kaspersky CEO Kaspersky, baru-baru ini berbicara tentang keamanan Apple di mulai dari munculnya trojan Mac Flashback, virus yang menginfeksi lebih dari 600.000 komputer Apple.

Trend ini seolah memperihatkan peningkatan malware yang diarahkan pada Mac dan lebih memaksa Apple untuk meningkatkan keamanan yang lebih ketat terhadap ancaman potensial. Apple mengerti bahwa mereka memiliki masalah yang sama Microsoft, mereka dipaksa keadaan membuat perubahan dalam hal siklus update keamanan dan hal ini memaksa investasi lebih dalam pembiayaan keamanan mereka untuk piranti lunak.

Kaspersky bukanlah satu-satunya perusahaan keamanan yang telah melansir potensi ancaman ke perangkat Apple yang berbasis iOS. Para peneliti Zscaler mengungkapakan, peningkatan lalu lintas mobile pada perangkat Apple kemungkinan akan menarik lebih banyak hacker. Hal ini akan menimbulkan ancaman yang signifikan. Untuk saat ini, iPhone mungkin belum vulnerable terhadap virus seperti Android, dengan meningkatnya jumlah pengguna smartphone akan mempercepat para hacker menemukan celah keamanan.

No comments:

Post a Comment