Saturday, May 17, 2014

Membersihkan Virus New Heur dan sejenisnya

Perputaran data melalui perantara sebuah flashdisk memang sangat dibutuhkan, selain simple seiring perkembangan teknologi kapasitas flashdisk juga mampu menampung file yang cukup besar pada tempat yang relatif kecil. Flasdisk seakan menjadi hardware wajib bagi pengguna komputer yang mendambakan kesimplean proses transfer data. Sayangnya hal bagus ini, dapat menjengkelkan dari sisi keamanan komputer yakni infeksi berbagai virus yang bersembunyi dan memanfaatkan flashdisk sebagai metode persebarannya.

Menghilangkan Virus New Heur bukan perkara yang gampang jika dilihat dari bagaimana kebiasaan orang indonesia yang begitu tergantung dengan storage portable. Selain proses infeksi dapat terjadi walaupun anda tidak terkoneksi internet, proses transfer data sangat berpotensi menginfeksi komputer anda. Mungkin sebagai awal anda harus memahami dulu bagaimana virus New Heur masuk ke sistem anda.

Bagaimana virus New Heur menginfeksi komputer?

Kebanyakan virus sejenis New Heur memanfaatkan autorun.inf sebagai jembatan masuk dari storage external seperti flashdisk atau HDD external ke sebuah sistem komputer. Apa itu autorun.inf? File autorun.inf adalah file teks yang digunakan oleh sistem operasi Microsoft Windows untuk eksekusi fitur autorun dan AutoPlay. Fitur autorun dan AutoPlay akan bekerja saat anda menancapkan sebuah storage external ke komputer anda, biasanya dengan berbagai opsi pilihan tertentu. Ini sangat berbahaya apabila autorun.inf yang ada pada storage external menyimpan proses eksekusi file virus. Autorun.inf dapat dimanfaatkan untuk eksekusi sebuah virus atau malware untuk menyebarkan secara otomatis sebuah virus tanpa diketahui pengguna.

Proses Membersihkan Virus New Heur dari komputer

Nah setelah memahami bagaimana virus New Heur menginfeksi komputer sekarang mari kembali ke topik utama, Bagaimana menghilangkan Virus New Heur dari komputer anda.

Langkah awal, Tutup Jalan Virus New Heur masuk ke sistem dengan mematikan fitur Autorun/Autoplay pada windows.

Mematikan fitur Autorun/Autoplay pada windows xp dan vista
Mematikan fitur Autorun/Autoplay pada windows 7
Mematikan fitur Autorun/Autoplay pada windows 8

Langkah kedua, Download Sality Killer disini, lakukkan scan sampai complete.

Langkah ketiga, Hapus File Autorun di setiap drive C:\ , D:\ , E:\ dll. Untuk membersihkan autorun.inf secara menyeluruh Download dan Jalankan FlashDisinfector.

Langkah keempat, mencari dan menghapus file pemicu. Tekan Start -> Run -> ketik "msconfig" dan lihatlah di Start Up apakah ada file *.exe yang mencurigakan. file pemicunya ada di C:\WINDOWS dengan file berekstensi .exe dengan ikon gambar petir. Masuk ke Task Manager (CTRL + ALT + DEL), hentikan proses file pemicu virus tersebut (end process). Kemudian hapuslah file yang bikin bete ini (ini dapat dilakukan dengan klik kanan pada proses pada task manager kemudian open file location). Restart komputer.

Langkah Terakhir, Instal Malwarebytes sebagai perlindungan pendamping anti virus untuk menghindari infeksi dikemudian hari.

Semoga membantu, terima kasih

No comments:

Post a Comment