Thursday, October 2, 2014

Cara menghapus virus ransomware "Your browser has been blocked"

"Your browser has been blocked," "All activities on this computer have been recorded", and "All your files are encrypted" adalah pesan yang dapat muncul ketika browsing Internet. Perhatikan bahwa pesan ini adalah sebuah pesan palsu. Browser terblokir pop-up, yang menuntut pembayaran sebesar $ 300, 200 GBP atau 200 Euro denda (menggunakan Ukash, PaySafeCard atau Greendot MoneyPak) untuk membuka komputer. Pesan ini dibuat oleh penjahat cyber dengan tujuan mencuri uang dari pengguna internet yang panik. Pembayaran denda yang diminta oleh pesan browser-blocking ini adalah akal2an agar korban mengirim uang langsung ke penjahat cyber.

Pesan tipuan yang tampil pada browser populer seperti Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Safari ini dikategorikan sebagai sebuah virus ransomware. Umumnya, penjahat cyber melancarkan aksinya untuk penipuan ini, memanfaatkan nama-nama berbagai otoritas di seluruh dunia (Misalnya, FBI, Europol, RCMP, Gendarmerie nationale, dll) virus Ransomware mengandalkan pemberitahuan pelanggaran hukum palsu (pelanggaran hak cipta, melihat atau mendistribusikan konten pornografi dll) untuk menakut-nakuti pengguna komputer untuk membayar denda palsu. Penjahat cyber telah menciptakan beberapa varian yang berbeda dari virus ransomware, dan yang satu ini disebut "Browlock". Ini mempengaruhi browser Internet pengguna hanya dengan menggunakan Java script, namun, ada beberapa keluarga ransomware lain yang memblokir seluruh layar dan mengenkripsi file tertentu.

Menghapus virus ransomware "Your browser has been blocked"

Jika diamati, Pesan browser-blocking Internet ini bergantung pada JavaScript. Setiap kali pengguna internet mencoba untuk meninggalkan halaman tersebut, pesan peringatan akan muncul: "YOUR BROWSER HAS BEEN BLOCKED. ALL PC DATA WILL BE DETAINED AND CRIMINAL PROCEDURES WILL BE INITIATED AGAINST YOU IF THE FINE IS NOT PAID." Setelah mengklik OK, pengguna disajikan dengan pesan lain: "Are you sure you want to leave this page?", after clicking "Leave this page", siklus pesan ini terus berlanjut. Jika browser Internet Anda terkunci oleh salah satu pesan ini, dan tidak membayar denda. Cara yang benar untuk menangani penipuan ini adalah dengan menghilangkannya dari komputer kesayangan anda.

Untuk menutup jendela yang berisi pesan palsu, adalah dengan mengakhiri proses browser Internet Anda: Tekan ctrl + alt + del pada keyboard Anda dan pilih Task Manager, di jendela dibuka pilih tab proses, dan mengakhiri proses yang terkait dengan browser Internet Anda. Sebagai acuan Internet Explorer nama proses - iexplore.exe, nama proses Google Chrome - chrome.exe, Safari nama proses - Safari.exe, Mozilla Firefox nama proses firefox.exe.

Setelah berhasil menutup browser Internet Anda, lakukan scan pada komputer Anda untuk infeksi malware terkait. Untuk menjaga keamanan komputer Anda, selalu menjaga perangkat lunak Anda up-to-date dan menggunakan antivirus yang sah dan program anti-spyware. Salah satu Rekomendasi Anti-Malware Terbaik saat ini adalah Malwarebytes anda dapat mendownload Malwarebytes di: Rekomendasi Anti-Malware Terbaik: Malwarebytes

Semoga membantu

No comments:

Post a Comment