Thursday, June 1, 2017

Heboh Virus android Judy menyebar melalui sumber resmi google play


Google Play Store adalah sumber terpercaya untuk aplikasi Android. Dunia dibuat kaget saat beberapa aplikasi game yang berasal dari Google Play ditemukan menyembunyikan malware. Malware, yang dijuluki "Judy", adalah sebuah virus perangkat android yang ditemukan di 41 aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Korea.

Virus Judy mengrinfeksi perangkat android untuk menghasilkan klik palsu pada iklan, menghasilkan pendapatan bagi pembuat virus ini.

Periset dari SophosLabs mengungkapkan bahwa kedua diantara aplikasi tersebut, Star Play dan Candy Link, dapat mengaktifkan Wi-Fi Android Anda tanpa persetujuan Anda lalu membanjiri layar utama dengan spam. Kedua aplikasi ini menyembunyikan malware yang menghasilkan iklan yang dijuluki sebagai Andr / Axent-EH. Keluarga malware ini mampu menjatuhkan muatan berbahaya, menyalakan Wi-Fi di perangkat Anda jika tidak aktif, terhubung ke situs web berbahaya dan memuat pesan spam dan iklan di layar awal ponsel Anda.

Lebih jauh, setelah menginstal dan memberi izin, malware tersembunyi kemudian menjatuhkan muatan pengontrol Wi-Fi yang disebut decbiee.jar dari folder "aset" perangkat. Kemudian terhubung ke situs berbahaya wi7cb.com lalu melanjutkan untuk mendownload dan menampilkan pesan spam dan iklan di layar utama ponsel target.

Parahnya kedua aplikasi ini cukup populer dan sudah mendapat sekitar 50.000 unduhan.

Namun terbukti dengan persebaran virus Judy yang masif ini, pengembang yang tidak bermoral kadang menemukan cara untuk menyelundupkan virus melalui aplikasi resmi dan menghindari proses penyaringan Google.

Jika Anda atau orang yang Anda kenal telah mendownload aplikasi android yang menyebarkan virus judy, Anda perlu menghapus aplikasi dari gadget Anda secepatnya.


Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi smartphone Anda dari virus Judy:
Pictures: inuth
  1. Copot pemasangan semua aplikasi yang terindikasi menjadi penyebar virus android.
  2. Instal anti-virus di ponsel android dan pindai telepon Anda untuk memeriksa kemungkinan kerentanan.
  3. Jangan mendownload aplikasi dari sumber yang tidak sah atau mencurigakan.
  4. Perbarui perangkat lunak sistem Anda sesering mungkin karena pembaruan ini biasanya berisi tambalan keamanan untuk perangkat.
  5. Jangan pernah berbagi informasi pribadi saat terhubung ke Wi-Fi umum.
Yang paling penting, anda juga perlu memastikan gadget Anda memiliki perlindungan antivirus/anti malware yang kuat untuk mencegah infeksi lebih lanjut.