Wednesday, May 31, 2017

Membersihkan infeksi WannaCry Ransomware pada komputer

WannaCry Ransomware adalah virus komputer yang dirancang untuk mengenkripsi file Anda sehingga Anda tidak dapat membukanya. Tujuan virus ini adalah meminta uang tebusan berupa bitcoin. Saat mengenkripsi file, ransomware akan menambahkan ekstensi .WCRY dan .WNCRY ke file terenkripsi. WannaCry juga akan membuat catatan tebusan bernama @ Please_Read_Me @ .txt dan executable yang menciptakan dekripsi bernama @ WanaDecryptor @ .exe.


infeksi WannaCry Ransomware pada komputer

Bagaimana jika komputer kita terinfeksi WannaCry Ransomware?

Jika sebuah komputer terinfeksi virus WanaCrypt0r / Wana Decryptor Ransomware maka menghapu infeksi dengan segera adalah langkah yang penting. Karena walaupun Anda tidak akan membayar uang tebusan, ransomware ini akan terus mengenkripsi file baru pada komputer. Bisa dibayangkan bila file penting seperti data skripsi, pekerjaan, atau bahkan koleksi bokep kita ikut terenkripsi. lol

Pada tutorial ini virusnesia akan coba memberikan beberapa cara bagaimana dapat menghapus infeksi WannaCry dan Wana Decryptor 2.0 dari komputer kita. Tujuan tutorial ini adalah membersihakan infeksi bukan mendekripsi file yang sudah terinfeksi. Mungkin pada tutorial selanjutnya virusnesia akan memberikan langkah-langkah yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan file (kemungkinan kecil sayangnya) yang terkunci WannaCry Ransomware.

Ok tanpa babibu langsung saja ke pokok masalah, cara ampuh membersihkan virus WannaCry Ransomware dari komputer:
  • Download program Rkill, Rkill akan menscan komputerdari infeksi malware aktif dan menghentikannya. (Jangan reboot komputer Anda setelah menjalankan RKill)
  • Download Emsisoft Anti-Malware, yang akan memindai dan menghapus adware lainnya yang mungkin telah digabungkan dengan  virus WannaCry. (Jika Windows Smart Screen mengeluarkan peringatan, abaikan dan scan komputer secara menyeluruh)
Semoaga tutorial singkat tentang tips menghapus virus WannaCry Ransomware dari komputer ini bisa berguna.

Baca Juga:  Melindungi komputer dari Ransomware - CryptoPrevent